Senin, 07 Januari 2019

TALKSHOW INTERAKTIF DAN BEDAH BUKU


Di era globalisasi ini, perubahan yang cepat juga terjadi pada lini pendidikan. Kita tahu semenjak pemerintah mewajibkan pendidikan atau wajib belajar (wajar) 12 tahun, banyak lulusan SMA yang ingin menjadi sarjana. Pemerintah menambah kuantitas perguruan tinggi sehingga menghasilkan ratusan ribu sarjana baru tiap tahunnya.

Tapi sayangnya pertambahan lulusan sarjana yang membludak itu tidak diimbangi dengan jumlah lowongan pekerjaan yang cukup banyak, sehingga terjadi persaingan yang ketat dan semakin ekstrim. Proses penerimaan pegawai negeri maupun pegawai perusahaan semakin selektif dalam memilih karyawannya.

Nilai IPK yang bagus saja sekarang tidak cukup! Karena saat ini kita sedang berada pada era inovasi, dimana peluang-peluang pekerjaan akan berfokus pada keterampilan berpikir kreatif dan inovatif (life skill), bukan keterampilan akademis semata (nilai rapor/IPK/ijazah).

Sebenarnya masalah terbesar sekaligus akar permasalahannya dari semua masalah yang disebutkan adalah karena mereka itu sarjana Buta Potensi, BASI.  

Loh??? Apa hubungannya??? Mengapa BASI menjadi masalah terbesar banyaknya sarjana yang menganggur dan berpenghasilan mini? Karena mereka belum tahu dahsyatnya potensi diri.

Nah, kalau kamu sudah tau belum potensi dirimu?

Kuliah salah jurusan..

Lulus jadi pengangguran..

Kerja digaji pas-pasan..

Jabatan selalu bawahan..

Tua penuh penyesalan..

Keadaan yang demikian bukan tidak mungkin kita alami manakala kita tidak segera ambil tindakan nyata untuk menemukan, menggali dan mengoptimalkan potensi dahsyatmu itu.
 
"Potensi yang kamu miliki adalah harta karun yang terpendam, jika kamu tak segera menemukannya, menggalinya dan mengoptimalkannya maka jangan harap kamu bisa sukses. Orang yang menemukan potensi diri mampu mengambil tindakan nyata untuk kebaikan dan kesuksesannya."(Miftahly Nurrokhim, dalam Buku "Jangan Jadi Sarjana Basi", 2017, h. 43)



Ahad, 15 Oktober 2017 @ Aula SDIT Sabilul Huda
Alhamdulillah talkshow inspiratif dan bedah buku berjalan dengan lancar 
Berikut beberapa foto dokumentasinya..


 




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar