Sabtu, 05 Januari 2019

SEMINAR KKN MAHASISWA UIN JAKARTA


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu bentuk keterlibatan engagement perguruan tinggi untuk tujuan transformasi sosial. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan berbagai bentuk yaitu: 

1. Pembelajaran Masyarakat, yakni suatu kegiatan yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat, termasuk dialog, lokakarya, dan pelatihan. 
2. Pendampingan Masyarakat, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara intensif dan partisipatif agar tercapai kemandirian dari komunitas atau kelompok mitra. 
3. Advokasi, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa menumbuhkan kepekaan sosial, politik, dan budaya, serta kapasitas/kemampuan untuk memperjuangkan dan memperoleh hak-hak sebagai warganegara. 
4. Pemberdayaan Ekonomi, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan pendapatan. 
5. Layanan Masyarakat, yakni penyediaan layanan masyarakat seperti layanan keagamaan, kesehatan, mediasi, resolusi konflik, konsultansi (psikologi, keluarga, hukum, pembuatan rencana bisnis, proyek), pelatihan, penelitian, dan lain-lain. 
6. Ujicoba, Adaptasi serta Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) berbasis IPTEKS, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pengembangan dan penerapan hasil penelitian (action research) ataupun teknologi sederhana untuk mengembangkan potensi dan peluang yang terdapat pada suatu komunitas masyarakat. Misalnya pembuatan alat produksi, pembuatan sistem manajemen, dll. 
7. Kegiatan sosial yang bersifat karitatif, seperti bantuan untuk korban bencana alam dan sosial. (Juknis Bantuan Pengabdian kepada Masyarakat di Lingkungan Kementerian Agama Tahun 2016)


Adapun seminar yang diselenggarakan oleh mahasiswa/i KKN UIN Jakarta ini merupakan kegiatan pengabdian dalam bentuk pembelajaran masyarakat (poin 1 diatas), yakni suatu kegiatan yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat, termasuk dialog, lokakarya, dan pelatihan. 

Alhamdulillah saya diberi kesempatan olehNya untuk menjadi pembicara dalam acara seminar penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus 2018 bertempat di Desa Buaran Jati, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, dengan tema:

"Mengembalikan Fitrah Mahasiswa Kepada Khittahnya Dengan Mentranformasikan Nilai-nilai Mahasiswa Ke Dalam Bentuk Pengabdian"

Pada kesempatan tersebut, saya diminta untuk menyampaikan tentang Hypnoteaching di hadapan para guru, yaitu bagaimana menciptakan proses pembelajaran yang mengasyikkan dan menyenangkan, serta membantu persoalan psikologis mentalitas siswa dengan The Power of Mind (kekuatan pikiran manusia) dan komunikasi efektif, agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.

Berikut beberapa foto  dokumentasinya..











Tidak ada komentar:

Posting Komentar