Jumat, 18 Januari 2019

SEMINAR MOTIVASI GROWTH MINDSET PONPES HUSNUL KHOTIMAH KUNINGAN


“Melalui penelitian sistematis selama lebih dari tiga dekade, [Carol Dweck] telah mencari tahu jawaban mengapa sebagian orang mencapai potensinya sedangkan sebagian lainnya yang sama-sama berbakat justru tidak–mengapa sebagian menjadi Muhammad Ali dan yang lainnya menjadi Mike Tyson. Ia menemukan kuncinya bukanlah kemampuan; ini berkenaan dengan cara kamu memandang kemampuan sebagai sesuatu yang melekat yang perlu ditunjukkan atau sebagai sesuatu yang dapat dikembangkan.”
Carol Dweck, seorang Profesor Psikologi dari Universitas Stanford

Pola Pikir manusia (Mindset) memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap kehidupan. Pola pikir yang tepat dapat membuat anda meraih potensi maksimal sedangkan pola pikir yang salah dapat menghancurkan kehidupan. Semua hal dalam kehidupan ini tergantung dari cara pandang kita.
Dalam penelitiannya, Carol Dweck, penulis buku psikologi terkemuka Mindset: The New Psychology of Success, manusia memiliki kepercayaan dasar tentang bagaimana kita melihat dan mempercayai karakter pribadi kita. 
Sebuah pola pikir tetap (selanjutnya akan disebut: Fixed Mindset) mempercayai bahwa karakter, kecerdasan, kemampuan dan kreativitas adalah sebuah bawaan / bakat yang tetap yang tidak bisa diganti. 
Disisi lain, pola pikir bertumbuh (selanjutnya akan disebut: Growth Mindset) mempercayai kegagalan bukanlah sebuah bukti bahwa seseorang tidak cerdas, namun merupakan sebuah tantangan untuk berkembang dan meningkatkan kemampuannya. Dua pola pikir ini berpengaruh sangat besar terhadap kesuksesan maupun kegagalan seseorang dibidang kerja, hobby, personal dan sangat mempengaruhi tingkat kebahagiaan seseorang.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital yang makin berperan dalam pekerjaan, ke depannya tidak hanya dibutuhkan technical skill, tapi juga yang terpenting adalah growth mindset ini Secara individu kita tidak boleh hanya punya satu keahlian. Kita harus mau dan berani mencoba hal baru, melakukan dengan cara yang berbeda, dan taking feedback. Mendengarkan saran dan terus belajar bagaimana cara melakukan sesuatu lebih baik dari sebelumnya. Kiat untuk menghadapi tantangan perubahan industri.

Pertama, tetap tenang dan terus bersikap positif serta optimistis. 

Kedua, jangan takut untuk mencoba, lebih baik mencoba sesuatu yang baru, meski ada risiko gagal, ketimbang tidak mencoba sama sekali. Ketiga, yang terpenting adalah melakukan aksi. Make yourself relevant, terbuka untuk kolaborasi, fleksibel, agile, dan mau belajar. 

.
.
.
.
.


Alhamdulillah diberi kesempatan mengisi seminar motivasi di hadapan  santriwati Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan, pada tanggal 8 - 9 Januari 2019, dengan tema "Menginstall Growth Mindset dan Bersiap dalam Persaingan di Era Revolusi Industri 4.0"

Berikut beberapa foto dokumentasinya..





 
Hari pertama






Hari Kedua


"It does not matter how slowly you go so long as you do not stop."




Salam Hangat
Miftahly Nurrokhim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar