Selasa, 21 November 2017

CAMP BEBAS RIBA (CBR) 8




Alhamdulillah, kegiatan Camp Bebas Riba (CBR) 8 berlangsung dengan lancar dan insyaAllah berkah. Kegiatan yang bertempat di Wisata Alam Linggarjati, Kuningan ini berlangsung selama 2 hari 1 malam. Dengan mengangkat tema "Musnahkan Riba, Suburkan Sedekah" serta dibawakan oleh para coach dan praktisi yang memiliki pengalaman menangani masalah hidup dan keuangan khususnya masalah utang, kegiatan ini dihadiri oleh peserta ikhwan maupun akhwat yang tampak antusias dengan materi yang disampaikan dengan metode yang menyenangkan, yaitu hypnomotivasi. 

Hari pertama, 18 November 2016

Pemberian motivasi bagaimana memiliki mental bebas hutang dan riba.

Hutang itu masalah mental dan riba itu masalah iman.

Orang yang berhutang tiga kali lebih mungkin memiliki masalah kesehatan mental dibandingkan orang-orang yang stabil secara finansial.

Orang berhutang disebabkan oleh ketamakan atau nafsu yang mengajak kita untuk mulai berpikir tentang semua hal indah yang bisa dibeli dengan uang.

Dibutuhkan pemahaman yang benar terhadap uang bahwa uang bukanlah segalanya. 
Uang hanyalah sarana, tidak bisa menjamin kehidupan kita. 

Hanya pemahaman yang benar dan kemampuan kita dalam mencari uang dan mengelola uang dengan baik yang akan membuat kehidupan ini menyenangkan dan mendamaikan. 

Pengelolaan uang yang baik seperti merencanakan sedetail mungkin anggaran keuangan, simpan sebagian besar penghasilan,  investasikan tabungan dengan bijak, dsb.

Selain itu, dalam pengelolaan keuangan yang baik juga menyadarkan kita bahwa semua penghasilan atau rezeki yang kita terima didalamnya ada titipan rezeki orang lain yang harus disalurkan dalam kegiatan berbagi. 

Kita tidak takut miskin karena berbagi, justru berbagi itu kita yakini sebagai kekayaan mental yang selalu mendatangkan kekayaan harta. Karena Allah selalu melipatgandakan setiap harta yang kita keluarkan untuk berbagi.

Dan tak lupa bersyukur, sebab syukur menambah nikmat.
“Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” 
(Q.S. Ibrahim: 7)






Sesi Hypnomotivasi

Yaitu pemberian motivasi melalui pikiran bawah sadar berupa sugesti-sugesti positif sesuai dengan kebutuhan. Metode motivasi ini yang sangat efektif karena sugesti-sugesti yang diberikan langsung masuk pada pikiran bawah sadar yang mempunyai kekuatan 88% lebih banyak daripada pikiran sadar. Motivasi pikiran bawah sadar juga memiliki waktu jangka panjang dan sugesti yang permanent. 

Sugesti yang diberikan dapat berupa peningkatan konsentrasi, daya ingat, kepercayaan diri, menghilangkan phobia atau trauma, menghilangkan kecanduan rokok/narkoba/games, meningkatkan prestasi belajar dan motivasi lain sesuai dengan kebutuhan.


Hari kedua, 19 November 2017

Closing Statements --> IKRAR BEBAS RIBA

"Bismillahirrahmanirrahim..
Yaa Allah, Sesungguhnya aku adalah hambaMu.
Tiada Tuhan selain Engkau dan karena Engkau, 
aku bertaubat serta kupenuhi janjiku padaMu.

Hari ini, saya berkomitmen dengan ketulusan hati 
untuk bertaqwa dan meninggalkan riba.

Yaa Allah, Cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal 
(hingga aku terhindar) dari yang haram. 
Perkayalah aku dengan karuniaMu 
(hingga aku tidak minta) kepada selainMu.

Yaa Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, 
sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang, 
Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.."

Satu per satu peserta camp menandatangani dan membacakan komitmen bebas riba tersebut. Suasana haru memenuhi seisi ruangan, isak tangis bersahutan menyesali diri yang pernah bahkan masih terjebak di dalam lingkaran riba yang mengerikan.





Qadarullah, di akhir acara saya berkesempatan bertemu langsung dengan Bapak H. Hadiono, SE., penulis buku "Detik-detik Lunas Utang" sekaligus Pembina Camp Bebas Riba (CBR). Kami pun menyempatkan berbincang, bertukar buku serta berfoto bersama. 


Sungguh acara yang mulia, manfaat dan insyaAllah berkah.. Aamiin..
ALLAH sudah mengharamkan, Nabi sudah dengan keras mengingatkan.
“Allah memusnahkan RIBA dan menyuburkan sedekah*. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.”[QS. Al-Baqarah: Ayat 276]
Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda: “Jauhi tujuh perkara yang membinasakan *(membawa pada kehancuran), diantaranya... memakan RIBA”*[HR Bukhari 2766 & Muslim 89]

Wahai Saudaraku, Yuk Lunasi Hutang, Tinggalkan Riba..

Salam Hangat,
Miftah Nur..

2 komentar:

  1. PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
    Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
    Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
    Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
    jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
    Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
    TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. SELAMAT SIANG,

    Penawaran pinjaman yang andal berlaku sekarang dan dapatkan pinjaman !!! Ini adalah kesempatan bagi mereka yang mengalami kesulitan keuangan dan mereka yang menginginkan kekacauan keuangan dalam hidup mereka, kami memberikan kredit dengan tingkat bunga 2% yang sangat masuk akal, kami memberikan semua jenis pinjaman untuk membantu negara yang mengalami tekanan keuangan. Banyak yang menderita dan membutuhkan bantuan untuk meningkatkan standar hidup mereka, banyak yang kehilangan pekerjaan dan membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak dari bantuan keuangan perlu membersihkan rekening dan hutang mereka. Ini adalah keputusan bijak untuk Anda sekarang. Penawaran pinjaman kami dijamin berarti tidak ada jaminan yang dipermasalahkan. Sebagai pemohon pinjaman, Anda meminta pinjaman dengan perincian kontak saya di bawah ini. Nama: John E-mail: mrjohnrobertloanfirm@gmail.com (Whatsapp) +2349051288172

    BalasHapus