Rabu, 10 Mei 2017

QOS GOES TO MALAYSIA


Alhamdulillah, berkat rahmatNya saya diberi kesempatan berbagi ilmu tentang Hypno Teaching dan Hypno Learning untuk Guru dan Siswa di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) dan Community Learning Center (CLC) Lumadan Beaufort, Malaysia pada tanggal 4 -5 Mei 2017 ditemani partner sekaligus sahabat saya, Kang Farhan Arief Rifai..
Sungguh pengalaman yang luar biasa..

Foto Farhan Arief Rifai.

Dalam rangka memberikan akses pendidikan terhadap anak-anak Indonesia yang tinggal di Sabah baik melalui pendidikan formal maupun non-formal, pada tahun 2008 pemerintah Indonesia mendirikan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK).

Guru-guru yang mengajar di SIKK ini merupakan lulusan terbaik mahasiswa pendidikan dengan IPK di atas 3.0, mempunyai bakat keterampilan dan mempunyai semangat untuk mengabdikan diri mengajar di sektor perladangan. Ini guru-guru hebat itu.. ^^

Foto Farhan Arief Rifai.

Hari pertama, 4 Mei 2017 @ Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK)
Kegiatan diawali dengan Pelatihan Hypno Teaching untuk Guru- guru SIKK. Mereka tampak antusias dengan materi yang disampaikan. Pelatihan dikemas dalam suasana yang menyenangkan, menggunakan metode active, fun dan experiential learning. Pelatihan Hypnoteaching ini dapat meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, empati dan sugesti positif dari seorang pengajar. 

Foto Farhan Arief Rifai.

Foto Farhan Arief Rifai.

Dilanjutkan dengan sesi berikutnya yaitu pelatihan Hypno learning untuk siswa-siswa SIKK. Hypno learning menggunakan metode hypnotherapy dengan cara menyingkirkan pengaruh buruk dalam pikirannya sehingga siswa bisa meningkatkan konsentrasi serta lebih fokus dalam belajar. Metode ini dapat membantu anak dalam memaksimalkan kecerdasannya.

Foto Farhan Arief Rifai.

Foto Farhan Arief Rifai.

Promo buku dlu ah, hihii ~ 
(adik-adik, buku ini highly recommended.. cocok buat adik-adik yang masih sekolah untuk mendeteksi sedini mungkin potensi diri yang dimiliki, kemudian menggali & mengoptimalkannya agar kelak ketika adik-adik hendak memasuki bangku perkuliahan tidak salah dalam memilih jurusan yang sesuai dengan potensi diri. Buat bapak ibu guru juga penting untuk mengerti potensi siswa serta membimbingnya dalam memilih jurusan yang sesuai dengan potensi. Buruan diorder, stok terbatas) 

Foto Farhan Arief Rifai.

Namun, SIKK belum dapat sepenuhnya melayani pendidikan di Sabah-Malaysia dikarenakan masih banyak anak-anak yang tinggal di pedalaman dan sulit sekali untuk menggapai mereka. Kemudian muncullah satu persatu CLC atau Community Learning Centre guna membantu pemerintah melayani kebutuhan pendidikan di Sabah-Malaysia secara menyeluruh.

Hari kedua, 5 Mei 2017 @Community Learning Center (CLC) Lumadan Beaufort.
CLC ini seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia, yaitu lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan.

Foto Miftah Nur.

Penelitian menunjukkan bahwa alam bawah sadar menyumbang 88 % kecerdasan kita, sedang yang kita gunakan selama ini sekitar 12 % saja. Dengan membangkitkan potensi bawah sadar ini akan menjadikan kita yang lemah menjadi kuat, dan yang kurang pintar menjadi lebih kreatif. 

Hypno teaching dan hypno learning merupakan metode pembelajaran yang menyajikan materi pelajaran dengan menggunakan bahasa‑bahasa bawah sadar karena alam bawah sadar lebih besar dominasinya terhadap cara kerja otak. 

Siswa dan guru tampak begitu antusias mengikuti jalannya pelatihan Hypno Teaching dan Hypno Learning dari awal sampai akhir kegiatan. 

Foto Miftah Nur.

Foto Miftah Nur.

Dalam hypnoteaching dan hypnolearning, proses pembelajaran lebih dinamis dan ada interaksi yang baik antara pendidik dan peserta didik. Dengan metode pembelajaran yang beragam, siswa dapat berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya, dapat berimajinasi dan berfikir kreatif sehingga siswa akan belajar dengan senang hati, daya serapnya lebih cepat dan lebih bertahan lama, karena peserta didik tidak menghafal pelajaran. Secara spiritual pun dapat dilihat perubahannya seperti pandai bersyukur serta rajin beribadah tanpa harus dengan paksaan.

Foto Miftah Nur.

Foto Miftah Nur.

Foto Miftah Nur.

Foto bersama cikgu-cigku keluarga CLC Lumadan Beaufort, CLC Matakana Beaufort, CLC 3 Ladang Lumadan, CLC Ladang Cepat KPD, CLC Nusabangsa Masapol, CLC Gagasan Bimbingan Nusantara Sipitang, CLC Tenom, SAN Lumadan, SAN Naluyan, SAN Sipitang, SAN Melalia dan SAN Banting Sipitang yang sangat luar biasa.

Foto Miftah Nur.


Terimakasih untuk sambutan hangat dari kawan-kawan guru dan adik-adik di SIKK dan CLC. Do'akan kami bisa bersilaturahim dengan Sekolah Indonesia yg berada di negara lainnya.


Salam Hangat,
Miftah Nur




Tidak ada komentar:

Posting Komentar